INFO : Ruangan Paling Menenangkan di Dunia



Professor psikologi Richard Wiseman telah merancang dan membangun sebuah ruang multi media berskala besar yang bertujuan menenangkan siapapun, bahkan orang paling stress di dunia.


Untuk membantu mempromosikan Pameran Lembaga Penelitian Ilmu Kesehatan dan Manusia Universiti Hertfordshire, Wiseman meninjau penelitian ilmiah mengenai relaksasi, dan telah menciptakan apa yang disebutnya ‘ruangan paling santai di dunia.’
Selama Pameran, yang berlangsung dari tanggal 21-24 Oktober 2008 di kampus de Havilland Universiti ini, sekelompok pengunjung paling banyak beranggota sepuluh orang setiap saat akan diundang memasuki ruang besar dan aneh ini, berbaring di matras lembut dan mengistirahatkan kepala mereka di bantal beraroma lavender. Dalam tiap sesi 15 minit, pengunjung akan dimandikan cahaya hijau menenangkan, mendengarkan soundtrack penyejuk dan melihat langit biru buatan yang cerah.
“Kerasnya kehidupan modern, masalah keuangan dan rumah tangga membuat banyak orang merasa stress dan karenanya kami menciptakan ruangan ini untuk membantu mereka relax”, kata Professor Wiseman.
“Penelitian menunjukkan kalau cahaya hijau memperbesar produksi dopamin di otak dan memberikan sensasi menenangkan. Selain itu, langit biru buatan membantu menciptakan bentuk ringan urutan inderawi yang akan membantu mereka mengalihkan perhatiannya ke dalam diri mereka dari stress sehari-hari.”
Musik yang akan dimainkan dalam tiap sesi telah dikomposisi secara khusus oleh profesor musik universiti Herfordshire, Team Blinko.
“Richard meminta saya menciptakan musik dengan irama lambat dan khas, nada berfrekuensi rendah dan tanpa perubahan tempo mendadak”, kata Professor Blinko. “Saya telah menulis ulang sebuah lagu untuk projek ini. Ia menampilkan suara soprano solo, dipilih karena sifat mendamaikan dari suara manusia, bersama dengan mangkuk menyanyi Tibet, yang digunakan dalam meditasi dan sebuah ensembel dawai.”
Beberapa tahun lalu, Wiseman mengetuai sebuah studi internasional yang memeriksa kecepatan berjalan di penjuru dunia, dan menemukan kalau orang lebih hidup terburu-buru dan stress daripada yang pernah ada sebelumnya. Diharapkan ruangan ini akan membantu memotivasi berbagai kelompok untuk memerangi stress, termasuk katakanlah, mahasiswa yang menghadapi ujian dan bisnis yang ingin menurunkan absensi karyawannya yang berkaitan dengan stress.
Professor Wiseman menambahkan, “Penelitian sebelumnya telah menunjukkan kalau warna, suara dan aroma ini semua membantu orang relax, namun ini yang pertama kalinya kami mengkombinasikannya seperti ini, dan menarik untuk melihat efeknya pada ambang relaksasi pengunjung.”
Kuesioner berikut membantu mengetahui apakah seseorang itu stress berlebihan atau tidak. Jika anda menjawab “Ya” 5 kali atau lebih, maka perlu bagi anda untuk turun dari akselerator dan melambat.
1.      Apakah anda lebih sering melihat jam tangan anda lebih dari orang lain?
2.      Ketika orang bicara terlalu bertele-tele, apakah anda merasa kesal?
3.      Apakah anda sering menjadi orang pertama yang selesai makan siang?
4.      Ketika berjalan kaki, apakah anda sering merasa frustasi karena anda terjebak di belakang orang lain?
5.      Apakah anda menjadi kesal bila duduk satu jam tanpa berbuat apapun?
6.      Apakah anda tidak mau masuk ke restoran atau toko jika anda melihat ada antrian, yang pendek sekalipun?
7.      Bila anda terjebak dalam lalu lintas yang lambat, apakah anda lebih kesal dibandingkan pengendara lain?
Tips mengatasi Stress:
Stress dapat meningkatkan tekanan darah anda, mempengaruhi kemampuan anda berkonsentrasi dan memperlemah sistem kekebalan tubuh anda.
Mereka yang tidak bisa mengunjungi ruangan paling menenangkan di dunia dapat mencoba 10 teknik berikut untuk memerangi stress:
1.      Pergilah ke luar kota. Penelitian menunjukkan kalau menghabiskan sekitar 30 minit di lingkungan yang hijau dan sunyi akan membuat anda merasa lebih tenang.
2.      Dengarkan musik yang santai. Mendengarkan Four Season dari Vivaldi, rakaman penyantai atau suara-suara alami menurunkan tekanan darah anda.
3.      Lakukan latihan relaksasi. Mulai dari jari kaki dan naik, habiskan beberapa saat meregangkan perlahan, lalu lepaskan, otot di tiap bagian tubuh anda.
4.      Habiskan waktu bersama teman. Bersama orang lain yang anda senangi membantu anda mengalihkan perhatian dari fikiran cemas dan mengangkat mood anda.
5.      Bantu orang lain. Penelitian menunjukkan kalau melakukan kebaikan yang kecil sekalipun, seperti memberi sedekah, membantu meningkatkan mood anda dan menurunkan stress.
6.      Terimalah apa yang tidak dapat anda ubah. Tidak ada tujuannya menyesali masa lalu, atau berpikir tentang apa yang tidak dapat diubah. Fokuslah pada bagaimana kamu dapat menciptakan masa depan yang lebih baik.
7.      Tersenyum lebih banyak. Jangan terlalu serius, dan tingkatkan kemampuan anda mengatasi situasi stress dengan melihat sisi lucu dari apapun yang terjadi.
8.      Gunakan lavender. Penelitian menunjukkan kalau sebagian besar orang merasa aroma lavender sangat menenangkan, dan juga membantu mereka tidur nyenyak.
9.      Fitness. Latihan fisik memperkuat produksi endorphin, yang pada gilirannya membuat anda merasa lebih percaya diri dan menjadi lebih nyaman.
10.  Lihatlah langit. Bila cuaca cerah, berbaringlah di rumput, lihatlah langit yang cerah, dan biarkan pikiran dan citra positif mengalir kedalam pikiran anda.
Sumber berita
University of Hertfordshire,
http://www.faktailmiah.com/2011/04/06/ruangan-paling-menenangkan-di-dunia.html

Tiada ulasan:

iklan

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 . |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.