INFO : Otak Ibu Baru Berkembang Setelah Melahirkan

http://static.inilah.com/data/berita/foto/913672.jpg
Otak seorang ibu baru benar-benar berkembang lebih besar dalam beberapa bulan setelah melahirkan anak pertama.

Para peneliti yang sebagian besar dari Yale University School of Medicine, mengatakan bahwa pertumbuhan otak itu mungkin dipicu oleh perubahan kadar hormon tertentu hanya setelah seorang ibu baru melahirkan anak untuk pertama kali. Mereka melaporkan temuan dalam perluasan area otak ini berhubungan dengan perilaku dan motivasi.

Para peneliti juga menemukan bahwa ibu yang paling antusias tentang bayi mereka, memiliki pertumbuhan lebih pada bagian penting otak - bagian tengah yang menghubungkan motivasi ibu, penghargaan dan pengolahan emosi - daripada ibu yang lebih santai dengan bayi mereka.

Temuan hasil penelitian kecil ini yang dilaporkan dalam Behavioral Neuroscience, edisi Oktober, menunjukkan bahwa keinginan ibu baru untuk merawat bayinya dapat digerakkan dengan insting yang kurang, dan lebih dengan membangun otak yang aktif. Demikian komentar dua ahli saraf tentang penelitian ini yang juga diterbitkan dalam jurnal.

Dipimpin oleh neuroscientist Pilyoung Kim, studi membandingkan gambar MRI dari 19 perempuan yang diambil 2-3 minggu dan 3-4 bulan setelah mereka melahirkan di Yale-New Haven Hospital di Connecticut. Para wanita rata-rata berusia 33, semuanya menyusui, dan hampir setengahnya memiliki anak-anak lain, dan tidak ada yang mengalami depresi postpartum.

Hasil pemindaian otak menunjukkan peningkatan kecil, tapi signifikan dalam volume materi abu-abu di berbagai bagian otak, termasuk daerah yang berhubungan dengan motivasi ibu (hipotalamus), penghargaan dan emosi pengolahan (nigra substantia dan amygdala), integrasi sensorik (lobus parietalis), serta penalaran dan penilaian (korteks prefrontal).

Pada orang dewasa, materi abu-abu umumnya tidak mengubah ukuran selama beberapa bulan tanpa proses belajar signifikan, cedera otak atau sakit, atau perubahan besar dalam lingkungan,

"Perubahan hormonal yang terjadi segera setelah melahirkan, termasuk meningkatnya estrogen, oksitosin, dan prolaktin, dapat membuat otak ibu baru 'lebih rentan untuk terbentuk kembali sebagai tanggapan terhadap bayi mereka," kata para peneliti.

Ibu yang menderita depresi postpartum mungkin mengalami penurunan, bukan pertumbuhan, di daerah-daerah otak yang sama.
http://gayahidup.inilah.com/read/detail/913672/otak-ibu-baru-berkembang-setelah-melahirkan

Tiada ulasan:

iklan

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 . |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.