INFO : Rahsia Hidup Sampai 100 Tahun.



Umur manusia memang ditentukan oleh Tuhan. Namun, menurut kajian terbaru dari Denmark, mereka yang lahir setelah tahun 2000 punya kesempatan untuk hidup sampai 100 tahun!  Untuk Anda yang lahir sebelum tahun 2000, jangan putus asa karena sebenarnya kita juga boleh menambahkan panjang usia harapan hidup.
Genetik dan kemujuran memang berperanan besar dalam panjang pendeknya usia seseorang. Namun, kedua faktor itu tidak boleh dikontrol. "Padahal, masih ada banyak faktor lain yang boleh kita kendalikan. Kuncinya adalah dengan melakukan hidup sehat," kata Walter Bortz II dari Stanford University. Misalnya saja mengurangi stres akan menambah usia hingga 6 tahun atau terbiasa mengasup sayuran dan buah akan menambah usia 5 tahun, dan masih banyak lagi.
Bertambahnya usia memang tidak boleh dihindari. Namun, menurunnya kesehatan bukannya tak boleh dihindari. Wujudkan cita-cita untuk hidup sehat sampai usia lanjut dengan beberapa tips berikut:
1. Liburan berkala
Salah satu cara untuk terlihat lebih muda dari usia sebenarnya adalah dengan menyempatkan diri untuk berlibur. Kegiatan ini akan membuat tubuh dan fikiran Anda lebih rileks sehingga efek buruk stres tidak terjadi. Membiarkan ketegangan berkepanjangan sama saja dengan meletakkan jari Anda pada tombol "maju" pada remote control biologis Anda.
2. Cukup tidur
Tahukah Anda, kurang tidur akan menyebabkan kesempatan sel-sel tubuh untuk memperbaiki diri berkurang. Aturlah waktu tidur 6-7 jam setiap malam. Kebiasaan ini konon akan menambah usia Anda dua tahun lebih panjang.
3. Seks secara teratur
Kegiatan seks yang menyenangkan kedua belah pihak akan membantu tubuh mengeluarkan hormon antistres, oksitosin. Aktiviti seksual juga akan membakar 200 kalori.
4. Buah dan sayur segar
Penelitian yang dilakukan di beberapa tempat yang populasi penduduknya berumur panjang dan dalam keadaan sehat, seperti di Okinawa (Jepun) atau daerah Hunza (Pakistan), menunjukkan bahawa mereka rutin mengonsumsi buah dan sayuran segar. Mereka juga membatasi konsumsi lemak, gula, dan garam.
5. Olahraga
Nasihat ini memang klise, tetapi harus diakui bahwa olahraga terbukti membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Mereka yang terbiasa berolahraga sejak muda akan hidup sampai lanjut usia dengan energi dan gairah hidup luar biasa.
6. Miliki hobi
Pertajam otak Anda dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Beberapa jenis permainan juga terbukti akan mengasah otak. Misalnya bermain catur atau bermain video games Tetris. Penelitian yang dilakukan di Meksiko menunjukkan bahwa bermain Tetris 30 minit setiap hari akan menunda kerusakan otak.
7. Berbuat baik
Berbuat baik janganlah ditunda-tunda. Sebuah penelitian menunjukkan, mereka yang punya kebiasaan berbuat baik kepada sesamanya kebanyakan boleh mencapai usia lebih dari 80 tahun. Penelitian lain menunjukkan, kegiatan sosial akan menyeimbangkan kesehatan fisik dan jiwa.
http://health.kompas.com/read/2011/03/15/12245132/Rahasia.Hidup.sampai.100.Tahun

http://shine.yahoo.com/event/vitality/how-to-live-to-100-2464544/

Tiada ulasan:

iklan

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 . |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.